Sabtu, 30 April 2011

Umur William-Kate Ideal untuk Punya Anak

img

Jakarta, Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton menyita perhatian banyak orang sedunia, termasuk dari kalangan dokter kandungan. William dan Kate dinilai menikah pada usia yang ideal, sehingga tidak dianjurkan untuk menunda kehamilan.

Kedua mempelai sama-sama berusia 29 tahun, meski William baru genap berusia 29 tahun Bulan Juni mendatang. Dokter kandungan dari Hackensack University, Dr Many Alvarez menilai usia tersebut sangat ideal bagi Kate maupun William untuk segera memiliki momongan.

"Ini adalah waktu yang ideal untuk memikili bayi, terutama jika mereka berencana memiliki anak lebih dari satu anak," jelas Dr Manny Alvarez yang juga Adjunct Professor Obstetri dan Giecologi di New York University School of Medicine di New York City, seperti dilansir Foxnews, Jumat (29/4/2011).

Menurut Dr Alvarez memiliki anak mungkin menakutkan bagi pasangan pengantin baru, bahkan bagi pasangan yang telah berpacaran selama bertahun-tahun sekalipun. Tapi secara medis, Dr Alvarez menyarankan Kate untuk segera memiliki momongan.

Mengapa Kate harus segera memiliki momongan?

"Bagi seorang wanita, usia 26 sampai 33 tahun adalah waktu puncak kesuburan. Setelah usia 35 tahun, wanita cenderung mengalami komplikasi lebih dengan hormon dan ovulasi, sehingga terjadi peningkatan risiko yang berhubungan dengan kesuburan," jelas Dr Alvarez.

Menurut Dr Alvarez, ada sejumlah variabel yang berkontribusi pada penurunan kesuburan wanita setelah usia 35 tahun, yaitu sebagai berikut:

Penurunan jumlah telur
Penurunan kesehatan telur
Penurunan cairan serviks
Adanya pengembangan kondisi medis lainnya yang berkaitan dengan usia, seperti ndometriosis, tekanan darah tinggi atau diabetes, yang dapat mengganggu pembuahan.
Selain itu, lanjut Dr Alvarez, seorang wanita di tahun-tahun subur memiliki probabilitas tertentu mengalami keguguran saat kehamilan pertama, dan risiko tersebut akan semakin meningkat dengan bertambahnya usia.

Dari sisi mempelai pria, jumlah dan kualitas sperma Pangeran William saat ini juga dinilai berada pada titik optimal. Kelak jika sudah melewati usia 35 tahun, jumlah dan kualitas sperma seorang pria akan berkurang drastis yakni sekitar 50 persen.

Alasan lain bagi Kate dan William untuk segera punya anak adalah, di usia muda keduanya belum terlalu banyak memikirkan masalah keuangan dan konflik rumah tangga. Berbagai penelitian, stres yang dipicu masalah-masalah tersebut juga bisa mengurangi kesuburan.

"Belum lagi terdapat faktor-faktor lain yang terkait dengan stres, yang juga bisa mempengaruhi kesuburan. Hal tersebut termasuk stres finansial, karir dan hubungan percintaan. Tentunya, saya tidak berpikir bahwa pasangan ini (William-Kate) khawatir dengan beberapa permasalah tersebut," tutur Dr Alvarez.

Mengingat berbagai faktor di atas, Dr Alvares menilai tidak ada alasan bagi keduanya untuk menunda kehamilan. Jika tidak ada masalah dengan sistem reproduksi, Dr Alvarez memprediksi sekaligus menganjurkan agar kedua mempelai segera punya anak paling lambat bulan Mei 2012.






Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar